- Radiator: berfungsi untuk menampung dan
mendinginkan cairmman pendingin yang telah menjadi panas setelah menyerap
panas dari komponen
komponen mesin. Radiator terdiri dari tangki atas dan bawah yang dihubungkan dengan
pipa yang berfungsi untuk mengalirkan sekaligus mendinginkan air
pendingin.
- Tutup radiator memiliki dua fungsi, fungsi
yang pertama adalah untuk menaikkan titik didih air pendingin dengan jalan
menahan ekspansi air pada saat air menjadi panas sehingga tekanan air
menjadi lebih tinggi dari tekanan udara luar, sedangkan fungsi yang kedua
adalah untuk mempertahankan air pendingin di dalam sistem agar tetap penuh
walaupun mesin dalam keadaan dingin atau panas. Untuk mewujudkan fungsi
tersebut, maka pada tutup radiator dilengkapi dengan relief valve dan
vacuum valve.
- Thermostat:
Thermostat berfungsi untuk mempercepat tercapainya suhu kerja mesin pada
saat mesin masih dingin dan juga berfungsi untuk mempertahankan mesin
selalu pada suhu kerjanya (antara 80-90 derajat celcius). Thermostat
biasanya dipasang antara radiator dan sirkuit pendingin (silinder block
dan silinder heat). Thermostat bekerja seperti katup otomatis yang bekerja
berdasarkan panas, dimana pada waktu dingin katup akan menutup dan pada
waktu panas katup akan membuka,
- Kipas pendingin:
Radiator didinginkan oleh aliran udara luar yang mengalir melewati
sirip-siripnya. Pada saat kendaraan berhenti aliran udara tidak akan
cukkup untuk mendinginkan radiator. Untuk mengatasi hal ini maka
dibelakang radiator dipasang kipas pendingin untuk membantu agar aliran
udara selalu cukup untuk mendinginkan radiator. Ada 2 jenis kipas yang
sering digunakan pada kendaraan yaitu kipas yang digerakan oleh motor
listrik dan kipas manual yang digerakan oleh poros engkol mesin itu
sendiri melalui talli kipas/V-belt.
- Tangki Cadangan : Reservoir Tank atau tangki
cadangan dihubungkan ke radiator melaui selang overflow. Reservoir Tank
ini berfungsi untuk menjaga agar volume air pendingin selalu stabil.
- Pompa Air (Water Pump): Berfungsi untuk
mensirkulasikan air pendingin dengan jalan membuat perbedaan tekanan
antara saluran hisap dengan saluran tekan yang terdapat pada pompa. Pompa yang digunakan umumnya
adalah type sentrifugal. Pompa ini digerakan oleh poros engkel melalui
tali kipas atau v-belt
- Selang radiator : berfungsi sebagai penghubung
antara radiator dan blok
mesin. Ada
dua slang di radiator, Upper hose berfungsi mengalirkan air panas dari
mesin ke radiator. Sedangkan lower hose untuk menyalurkan air yang sudah
didinginkan kembali ke mesin.
- Water jacket :
Berfungsi sebagai saluran-saluran tempat air mengalir di blok mesin ini
dinamakan water jacket.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar